Posted by: Eko Nur Hidayat | March 18, 2012

Gara-gara baterai CMOS habis

Setelah beberapa hari yang lalu NAVAIDS yang merupakan salah satu perangkat Simulator tidak berfungsi (walaupun akhirnya terselesaikan), giliran minggu kemarin Learning Management System (LMS) yang berbasis Moodle gantian ngadat.  Berfungsinya perangkat ini juga masih dibawah tanggungjawabku.

Masalahnya adalah dari sisi server jalan normal, masuk ke LMS juga normal.  Tetapi dari sisi client, mau login ke server tetapi tidak mau login ke LMS.

Pertama-tama sudah aku cek jaringan, dengan test ping dari client ke server normal.  Tetapi beberapa kali aku coba login, baik sebagai admin maupun sebagai trainee/client sama sekali tidak mau masuk.   Pesan yang muncul adalah “cookies must enable in your browser”.  Padahal, kalau aku login dari server masuk ke LMS langsung masuk.

Memang, sudah agak lama (1 bulan lebih) baterai CMOS server low dan belum sempat mengajukan permohonan penggantian.  Setiap kali dihidupkan pasti muncul pesan “CMOS Low, press F1 to Continue or press F2 to Setup”.  Sebelumnya langsung tekan F1 semua jalan normal.

Hari ini, Minggu, tanggal 18 Maret 2012 jam 11.00 berhubung ada waktu agak longgar di sela-sela waktu mengawasi ujian, aku sempatkan ke ruangan computer based training yang berisi LMS tersebut. Beberapa kali  aku coba login dari sisi client tetap saja gagal.

Entah dari mana ide itu datang, iseng-iseng server aku restart ulang dan aku masuk ke bios, mengganti tanggal menjadi tanggal hari ini dan restart Server sampai siap digunakan.

Kemudian aku coba login dari sisi client, Alhamdulillah, bisa.  Ternyata setingan waktu/tanggal di server ada pengaruh terhadap learning management system berbasis moodle.

Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

