Posted by: Eko Nur Hidayat | April 3, 2012

Komputer bisa ping internet, tetapi tidak bisa browsing

Beberapa hari yang lalu ada teman yang membawa komputer + Laptop ke tempatku.  Keluhannya adalah untuk internet lambat.

Kemudian aku coba komputernya, normal.  memang untuk loading awal dan shut down sistem operasi agak lama.

Kemudian aku coba laptop.  aku koneksikan ke wireless, nyambung.  aku test ping ke gateway tidak ada masalah.  kemudian aku test ping ke google (ping ke 8.8.8.8) juga normal.  Selanjutnya aku coba browsing pakai internet Explorer galag (tidak mau menampilkan halaman web).  begitu juga dengan Mozilla, masalahnya sama.

Aku coba matikan wireless dan ganti koneksi dengan kabel.  hasilnya masih tetap sama, tidak ada perubahan.

Kemudian aku googling, menemukan masalah / pengalaman yang sama di http://matdhule.blogspot.com/2009/04/bisa-ping-gak-bisa-browsing.html.

Ternyata masalahnya ada di winsock yang corrupt.  Menurut wiki, Windows socket API disingkat Winsock merupakan sebuah mekanisme interprocess communication (IPC) yang menyediakan sarana komunikasi dua arah berorientasi koneksi (connection-oriented) atau komunikasi tanpa koneksi (connectionless) antara proses-proses di dalam dua komputer di dalam sebuah jaringan. Windows socket adalah salah satu implementasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap system call Berkeley Sockets yang digunakan untuk mengakses layanan sesi dan datagram melalui protokol TCP/IP. Selain oleh TCP/IP, Winsock juga dapat digunakan oleh NWLink, dan AppleTalk.

Akhirnya aku coba download winsock di sini.  Setelah didownload kemudian dijalankan untuk memperbaiki file yang corupt aku cek lagi dengan ping berhasil.  Kemudian aku cek browsing dengan Internet explorer maupun Mozilla Fire Fox.  Alhamdulillah, berhasil.

Responses

  1. apakah winsock bsa dipakai di koneksi modem?
    mslhny saya jg mirip2..

    sy pke winxp sp3 ,3 hari yg lalu msh lancar2 aja internetan(browsing+donlot)..
    tp tau2 cuman bisa donlot aja..klo browsing g pernah sukses load page nya alias lamaaaa

    paket internet sy msh aktif , ada sinyal, bisa konek, bisa donlot, tp LOADING BROWSING PELIT BGT

    sy udh coba restore, nyoba winsock jg,,tp tetep aja buka gogel berat bgt..

    mohon pencerahannya…trimakasi

    • coba cek DNS -nya,

      Bisa coba pakai DNS-nya ISP atau pakai DNS-nya Google : Prefered DNS Server : 8.8.8.8 Alternate DNS Server : 8.8.4.4

      ________________________________

  2. sudah..jdi sy sudah coba pakai dns nya gogle pak (comodo ,dll )..tp buka page nya gag responsive sama skali,,
    sya jg sdh update browser nya..

    kira2 masalahnya dimana ya??

    • Pake DNS speedy aja gan

      “203.130.208.18″

      yg alternative “203.130.198.155″

  3. thanks gan…

  4. ket..blm rinci mohon rincian cara…..

  5. Gila thx bgd gan, infonya bener” bermanfaat, ane juga ngalamin hal yang sama heheheh

  6. nuhun gan berguna bgt

  7. Trik internet gratis semua operator GSM CDMA klik disini

  8. permisi
    Gan , bisa di pake di 7 kah ?
    Ane ngalamin hal yang sama
    Ane tunggu email dari agan yak ?
    Makasih


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

