Posted by: Eko Nur Hidayat | September 11, 2009

Install Windows XP di Acer Aspire 4732z

Beberapa hari yang lalu, salah satu teman membeli Laptop Acer Aspire 4732Z, kemudian dia minta bantuan untuk install Windows XP. Dengan penuh percaya diri aku terima laptop dan CD Windows original-nya.
Pertama aku set bios (tekan tombol F2 pada saat booting), kemudian aku masuk ke menu Boot untuk menentukan urutan booting dari CD, kemudian aku simpan, CD Windows XP masukkan ke CD Drive dan restart.
Aku ikuti langkah standar instalasi Windows XP. Masalah muncul pada saat loading windows untuk proses instalasi, tiba-tiba layar blue screen (istilah jika layar komputer menampilkan layar biru – pertanda ada hardware yang conflict/tidak support).
Aku coba lagi sampai beberapa kali, tetap hasilnya sama.
Kemudian aku coba masuk bios lagi, kali ini aku coba cek SATA Mode-nya. disitu ada pilihan IDE dan AHCI. Secara default yang dipilih AHCI, aku coba ubah menjadi IDE. Laptop aku restart lagi, mengulangi proses instalasi.
Berhasil…!!!!
Kemudian kemarin aku mencoba main ke Service Center Acer, dan menanyakan kejadian tersebut dan mendapat jawaban cukup memuaskan :
Mode SATA AHCI digunakan untuk Windows VISTA sedang IDE khusus untuk Windows XP.
Untuk Linux..??? Aku belum nyoba…


Responses

  1. Mas, makasih pengalamannya…. sangad berguna banged buad gw….

    akhirnya gw temukan juga cara instal windows xp di aspire 4732z….

    NUHUN kang…….

  2. Thank’s mas ini yang aq butuhkan

  3. Jazakallahu khoiron katsiro… terima kasih banyak mas atas infonya.. saya sudah mentok saat mau install windows xp di laptop aspire 4732z.

  4. sukron katsiro…tanks infox friend….sy sdh mutar2 ke mana2 tanyakan masalah yg sama pd Acer Aspire 4732z….dah berulang2 sy coba instal xp koq di tengah jalan selalu muncul blue screen…..

    makasih mas….

  5. mas terimakasih banyak yah.. udah bagi2 pengalamannya…. semoga tuhan membalas budi baik mas……. sekali lagi terimakasih…. karena itu sangat berguna sekali…..

  6. Wah,.. Terimakasih banyak ya mbak, atas informasinya,..

    rencana ini mo beli tu laptop, jadi tambah ilmu nich,…

    se kali lagi makasih,..🙂

  7. sama persis mas dengan masalahku…mas..
    thankss sberatt.. solve,,
    sama juga lho pedenya wktu pertama install.. jadi maluw.. ni kaya berkaca..

  8. thank infonya….bs ngintall ni mempertaruhkan kehormatan q…

  9. terima kasih kawan …
    ga jadi de ngmbali’in ke tokonya, kirain error laptopnya.
    Kredibilitas ku pertaruhkan disini ….hehehe

  10. Mohon ijin di posting dalam bahasa inggris di blog saya.

    • Silahkan, dengan senang hati diijinkan.

  11. alhamdulilah.. dengan ikhlas anda telah memberikan informasi ini, sehingga saya tidak perlu menambah hari lagi untuk menemukan caranya… karena sebelumnya saya seharian mencoba berbagai cara namun gagal. terimakasih mas eko…

  12. maturnuwun sangeeeeet…..
    very,very membantu.

  13. makasih banget…..ini yg gw cari dari td…..ekekekkekek

  14. Sekedar info

    Windows XP bukannya tidak bisa diinstall dengan AHCI controller. Hanya saja driver AHCI tidak disertakan ke dalam installer XP sehingga XP tidak bisa mengenali HD dan menjadi blue screen jika controller hard disk di set ke mode AHCI. Ada beberapa cara untuk mengakalinya. Bisa kontak saya jika butuh informasi.

    • mas gimana caranya install windows xp dengan AHCI Controller ?
      bisa kasih tau caranya ?

  15. tuerimakasih yang suangat suangat besar atas info yang anda berikan,, sungguh mulia anda berbagi ilmu kepada orang banyak,,,saluuuut,,,,,

  16. Bos..mau tanya..ini aku instal berulang², tetap saja Blue Screen..cz kemaren rusak tuh memorynya dan udah aku ganti dengan tipe yg sama (5300s) cm merek aJa beda. apa harus ganti tipenya memorynya atau ada kerusakan selaen memory..plese bantu bos.

    • Ada beberapa penyebab blue screen diantaranya adalah hardware yang konflic. Blue screen yang saya alami di atas kebetulan karena windows yang saya gunakan untuk install belum mengenal mode SATA AHCI.
      Mungkin kasus Saudara bisa jadi karena memory-nya yang tidak cocok (coba cek spesifikasi memorynya sama persis dengan yang diganti tidak).
      Solusi yang bisa saya berikan :
      1. Coba pinjam memory teman yang sama spesifikasinya dengan yang rusak, pasang install sistem operasi. Jika masih blue screen coba pindah tempat memasang memory (biasanya ada 2 slot yang tersedia)
      2. Gunakan source yang lain untuk install, kemungkinan ada file yang korup
      Kalau masih blue screen, kemungkinan ada hardware yang conflict, coba untuk sementara matikan semua perangkat yang onboard dari Bios (modem, sound, LAN).
      Mudah-mudahan membantu…

  17. Makasih atas tutorial nya….!!!

    sangat bermanfaat…

    Thank’s

  18. Terima Kasih banyak mas! 1 laptop 4732z lagi telah ter-selamatkan, terima kasih atas infonya!

  19. mas mksh y bwat info’a cz sngt membantu….

  20. terima kasih atas infonya mas sangat bermanfaat, sekali lagi terima kasih

  21. mas, aku udah coba cara mas,… bisa masuk sampai proses format localdrive.
    tapi saat proses restart setelah format trsebut, saat keluar bacaan plase press sembarang key for boot from cd… proses mentok disini mas(saya tidak tekan apa2) laptop tidak lanjut ke proses install ya mas, knp ya mas?

    • 1. Coba cek file master sistem operasinya (bisa ganti CD yang lain, mulai dari awal tanpa mengulangi format), ada kemungkinan file yang diekstract/dicopy pada saat pertama kali corupt. 2. Ada CD Sistem Operasi (Windows) yang tidak menampilkan proses instalasiny, yaitu versi Windows XP Profesional Media center. Hanya layar gelap/hitam, tapi pada akhirnya akan muncul juga walaupun dalam waktu yang lama dan proses sudah hampir selesai.

  22. masih juga, nampaknya benar kata teman saya yang baik itu dibanting biar bagus sendiri

  23. Terima kasih juragan… Ilmu yang Anda berikan benar-benar bermanfaat di saat saya kebingungan…

  24. Gw penah install Xp ke Compaq CQ41. Masukin driver AHCI (Bikin CD XP sendiri) pake nlite bisa. Sekarang masalahnya nih laptop Aspire 4732z ga mau baca CD murahan,,,sial

  25. terima kasih bro atas info nya, udah pusing tujuh keliling knapa blue screeen trusss
    terima kasih banget, terima kasih banget, terima kasih banget
    sukses selalu

  26. untuk win 7 biosnya sata IDE atau ACHI????

    • Untuk WIn 7 settingan bisa IDE atau AHCI. Misal pakai setting bawaanya (AHCI)- pun bisa langsung diinstall… Mudah-mudahan membantu

  27. sampai sekarang setingan buat instal linux belum tahu p?kalau tau apa?

  28. bro kenapa acer 4732z sy selalu masuk ke bios terus pas mau nyalain . terus keluar suara tititittititi panjang ,. trus instal audionya,, juga g bisa , setiap restart balik lg ke bios keluar lg suara tititititit panjang,,, gmn boz solusi nya,, pliz,

    • untuk kasus 1 masuk bios terus dan keluat bunyi tiit terus-terusan ada kemungkinan keyboardnya konslet (seperti pada saat dinyalakan kita tekan tombol terus-menerus). Untuk masalah sound, pastikan dari bios soundnya diset enable (dari device manager harus muncul device sound-jika belum berhasil diinstall harusnya muncul tanda seru/tanda tanya), kemudian pastikan juga drivernya sesuai/cocok dengan type/jenis soundnya dan sistem operasinya.  Ada beberapa kasus, untuk install sound harus install modemnya dulu.  Mudah-mudahan membantu.

  29. mas ………………. aku ada sedikit permasalahan mungkin anda bisa kasih saran …aku pake notebook acer aspire 4732z nah ….. CD driver bawaannya itu sedikit membingungkan …. drivernya banyak versi …… aku mau install windows XP profesional …… nah soundnya itu kudu install MS-UAA dulu … oke aku udah donlod dan berhasil …. eh giliran kelar semua … webcamnya kok jadi nge blank …. hitam gelap gitu ……… padahal driver webcamnya aku sudah install dari CD driver bawaan ……. apa yang salah yaaa???? mohon saran

    • Dari windows explorer juga nge-blank? Coba uninstall webcamnya, kemudian install lagi.

  30. mas aku ada sedikit masalah nih, knp ya acer 4732zku ga bisa masuk window? pas aku coba nyalain bolak balik trus ke reboot, aku coba install ulang jg ga bisa soalnya ga nyampe ke tulisan Press any key to boot aja dah balik lagi ke rebooting awal, safe mode aja ga bisa, tetep balik ke reboot… kira” knp ya mas? binun ini nyari pencerahan ga dapet” sedari kmaren malem T_T
    sebelumnya makasi dan semoga sukses selalu…

    • Pengalaman saya, kalau komputer (laptop maupun PC) reboot sebelum sampai masuk windows/sistem operasi yang lain ada masalah di hardware. Paling sering masalah di Power Supply dan memory.  Tapi biasanya kalau masalah di memory, ditandai dengan blue screen juga.  Jadi Saudara bisa cek pencatu dayanya (power supply).  Cuma untuk laptop mengeceknya sulit, karena jadi satu dengan motherboard.  Bisa saudara cek-kan di service centernya Acer.  

      • ok makasih mas, akan saya coba

    • Saudara cek juga apakah terjadi overheat (panas berlebihan), biasanya terjadi karena kipas pendingin processor mati/tidak berputar.

  31. saya sedang coba instal acer 4732Z pake win7. tapi gak berhasil2. knp ya ?
    pas mau mulai starting instal gak masuk2 ke menu selanjutnya. seperti hang.
    padahal saya udah coba ganti cd nya. udah coba ganti DVD nya juga. mode IDE dan SATA juga udah di rubah. tapi tetap aj gak bisa.
    knp ya bang ?
    makasih atas jawaban nya bang.

  32. Acer 4920 pada saat penginstalan hanya sampai pada setup is starting windows dan prosesnya tetap sj tampilan seperti itu, sebelum diinstall tampilan windows XP pada laptop, 2 menit kemudian hang, mouse tidak bergerak dan mematikannya dgn cara menekan tombol power, yang pada kesimpulan kami mencoba menginstalannya,, mulai dari windows 7 dan XP tidak berhasil..Hardisk sudah berapa kali diganti mas…tapi tetap sj tidak berhasil

    kalau mas udi dapat membantu saya,,apa penyebab Instalan Windows selalu gagal..ada apa dgn laptop Acer sy..??

    By. War

    • coba ganti memory-nya.

      ________________________________

  33. Saya sudah coba cara yg d atas namun tdk brhasil….

    • Maksudnya laptop masih tetap blue screen? Atau pada saat install tetap muncul pesan tidak menemukan harddisk?

      ________________________________

      • alhamdulillah terimakasih mas brow…. atas infonya.
        ada beberapa kasus serupa yang saya alami. dan akhirnya dialog2 ini dapat membantu saya.

  34. thank atas info y gan
    ini lagi ada kasus jg yg sama

  35. makasih mas brow, atas infonya jadi bisa nginstal xp

  36. akan kucoba, saya pikir akan sangat tertolong

  37. kalau aku masalahnya sama dengan penanya yang sebelum2nya, punyaku acer aspire M6541 bagaimana cara merubah setingan bios dari AHCI ke IDE coz sudah aku cari tapi ga ketemu di setting bios mhon bantuannya mas bro

  38. makasih mas brow salam kenal ya

  39. butuh pasword untuk masuk bios nya pa …. mohon bantuan nya

  40. mas tolong saya dong saya mau install Win 7 Laptop Aspire saya ada bacaan Plase Wait…gitu lama terus masuk ke bios udah di ke Cd pas di pencet F10 setelah di restart balik lagi ke awal CD tidak ke baca kenapa ya ?

    • Setelah dipastikan booting pertama dari CD, Coba cek :1. Optical drive nya berfungsi normal tidak2. CD instalannya bisa dibaca dg normal di ODD atau tidak

      Dikirim dari perangkat Samsung saya


Leave a Reply

Categories

