Posted by: Eko Nur Hidayat | December 19, 2010

Solar disulap menjadi bahan bakar kompor minyak

Tanggal 15 Desember 2010, secara tidak sengaja aku mendengarkan siaran radio RRI dalam acara sambung rasa.  Semula tidak ada hal yang menarik perhatianku.  Kemudian disebut-sebut Solar bisa digunakan untuk menggantikan minyak tanah sebagai bahan bakar kompor minyak – tentu saja dengan melalui proses tertentu.  Aku mulai menyimak pembicaraan antara Pembawa Acara, Pak Djoko Sarwono, dan satu orang staf dari Universitas Muhammadiyah Malang sebagai pendamping Pak Djoko Sarwono.

Dalam pembicaraan tersebut dikatakan bahwa Pak Djoko Sarwono sudah melakukan penelitian penggunaan solar untuk menggantikan minyak tanah tersebut sejak awal tahun 2010.

Informasi ini mungkin tidak berguna bagi sebagian besar warga, tetapi mungkin juga akan sangat membantu wiraswastawan kecil / masyarakat yang sangat tergantung pada minyak tanah yang harganya cukup tinggi sebagai bahan bakar kompornya.

Berikut kutipan yang aku peroleh dari http://hki.umm.ac.id/umm-news.html :

BAHAN BAKAR “SOPMITAN”
SOLAR SEBAGAI PENGGANTI MINYAK TANAH UNTUK KOMPOR MINYAK TANAH

Dengan banyaknya peristiwa ledakan kompor gas LPG dengan tangki 3 Kg. yang sudah banyak makan korban. Banyak masyarakat yang trauma dengan kejadian tersebut. Mereka kembali memakai minyak tanah meskipun harganya mahal. Harga minyak tanah di SPBU Rp. 7.500,- diluar sampai Rp. 10.000,- dan sulit mendapatkannya.

Menghadapi fenomena tersebut, M. Djoko Sarwono, seorang mantan karyawan PT. Petrokimia Gresik, 80 tahun ini mempunyai ide brillian untuk mengadakan penelitian dan percobaan untuk menemukan pengganti BBM. Kemudian ditemukannya “SOPMITAN” Solar sebagai Pengganti Minyak Tanah yang aman dipakai dan lebih murah harganya. Sebagaimana tanggapan baik bapak Gubernur Jawa Timur terhadap penemuan ini dengan mengutus 2 stafnya pada tanggal 11 November 2010 untuk menindak lanjuti surat tentang SOPMITAN yang dikirim ke bapak Gubernur pada tanggal 20 Oktober 2010.

Sejak bulan Agustus 2010 telah di sosialisasikan kepada masyarakat, antara lain: di Bitar Jatim telah diuji coba pada APTR/Asosiasi Petani Tebu Rakyat, hasilnya baik, juga di Malang Jatim di coba pada Perusahaan Kompor Minyak Tanah CV. WIJAYA di kota Batu, hasilnya juga sangat memuaskan dan lebih irit dari pada minyak tanah, di Kota Serpong Jabar SOPMITAN disosialisasikan untuk digunakan pada lampu teplok, hasilnya juga memuaskan, di Jogya Jateng SOPMITAN disosialisasikan lewat internet. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan murni tidak ada sifat bisnisnya, murni untuk membantu masyarakat pemakai kompor minyak tanah.

Untuk perhitungan dan cara pembuatannya dapat di download dari link berikut : http://hki.umm.ac.id/files/file/Berita/SOPMITAN.pdf

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat…

About these ads

Responses

  1. pengganti mitan_cap OBOR_energi alternatif – http://www.pusattoko.com

    netto 160gr ( 2 x 80 gr ) – untuk menghasilkan 20 liter

    bahan aditif yang berfungsi untuk merubah solar menjadi bahan bakar yang bersifat menyerupai minyak tanah, sehingga solar berubah sifat seperti layaknya minyak tanah. POWER SOLUSION, cap OBOR berisi dua macam bahan aditif yang harus di campurkan secara terpisah.

    setelah proses pencapuran selesai solar berubah warna menjadi lebih jernih, sedikit lebih encer, bila dibakar tidak berbau dan asap yang minim sehingga jelaga yg dihasilkan juga minim.

    POWER SOLUSION, cap OBOR, sangat berguna untuk :

    - menyalakan lampu minyak pada saat listrik padam ( pengganti lilin )
    - sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah untuk berbagai industri yang tidak dapat menggunakan gas sebagai bahan bakar karena terlalu tinggi suhunya,seperti pengrajin batik, tambal ban, penjual makanan keliling,dan sebagainya.POWER SOLUSION, cap OBOR , dapat menjadi alternatif pilihan
    ( menghasilkan suhu yang relatif sama dengan minyak tanah lebih panas sekitar 10 derajat celcius )
    - sebagai cadangan kompor minyak tanah bila kompor kehabisan gas LPG
    - keterbatasan pasokan minyak tanah yang membuat harganya melambung tinggi dipasaran ( walaupun harganya sama dengan solar ), POWER SOLUSION, cap OBOR,dapat menjadi solusi hemat.

    untuk petunjuk cara pemakain secara rinci di sertakan dalam kemasan.

    keteragan lebih lanjut hubungi :

    http://www.pusattoko.com
    pusattoko@gmail.com
    telp. 0341 – 7023488, 081233335133, 0857 9088 7033, 0888 33 70 333

    di cari agen – distributor seluruh indonesia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: