Posted by: Eko Nur Hidayat | March 15, 2012

Gara – gara Firewall

Beberapa hari kemarin aku sempat dibuat pusing.  Selama kurang lebih satu minggu, salah satu perangkat simulator yang menjadi salah satu bagian tanggung jawabku tidak berfungsi.  Ya, perangkat NAVAIDS tidak berfungsi.  Ternyata harddisk yang menjadi media penyimpanan sistem operasinya mati.  Terpaksa harus ganti harddisk dan install ulang sistem operasinya.

Empat  tahun yang lalu, pernah kejadian hal serupa.  saat itu aku masih dapat bimbingan dari mas Amin.

Selama  install sistem operasi lancar-lancar saja. semua perangkat standar sudah jalan.  Giliran mau diintegrasikan dengan simulator, si calon NAVAIDS ini tidak mau upgrade software. Setiap kali mau diintegrasikan selalu muncul pesan “can not update software”.  Sampai aku coba beberapa kali, bahkan sampai ganti komputer segala.  1 minggu telah berlalu dan belum nampak ada tanda-tanda akan berhasil.

Perasaan beberapa kali trouble, tidak serumit ini.  Kemarin, tanggal 14 Maret 2012 kebetulan aku salah jadwal.  Seharusnya masuk jam 18.30 aku siap-siap jam 16.30.  Indikasi yang pertama — sudah mulai tua (sudah mulai lupa).  Dari pada nganggur, aku balik ke simulator iseng-iseng otak-atik NAVAIDS lagi.  entah dari mana datangnya, tiba-tiba aku ingat satu hal : firewall belum aku cek.  Aku coba ubah setingan firewall di calon NAVAIDS tersebut dan aku ulangi langkah Update software. Alhamdullillah, tepat berkumandang adzan Maghrib masalah terselesaikan.

Saat ini simulator sudah berjalan normal lagi.

 


Leave a Reply

Categories

