Posted by: Eko Nur Hidayat | October 2, 2013

Tugas

  1. Buat poject PBO2_NIM
  2. Buat database dengan nama data_NIM
  3. Tambahkan 1 tabel barang_NIM dalam database data_NIM (field bebas, untuk menyimpan data barang)
  4. Tambahkan 1 form dalam project PBO2, beri nama input_barang_NIM simpan dengan nama input_barang_NIM untuk menginput data barang ke database data_NIM dalam tabel barang_NIM lengkap dengan validasinya (kode barang tidak boleh sama, data tidak boleh kosong, ada field untuk menyimpan stok)
  5. Tambahkan 1 tabel supplier_NIM dalam database data_NIM (field bebas, untuk menyimpan data supplier)
  6. Tambahkan 1 form dalam project PBO2 beri nama input_supplier_nim simpan dengan nama input_supplier_NIM untuk menginputkan data supplier lengkap dengan validasinya (kode supplier tidak boleh sama, semua data harus diisi)
  7. Tambahkan 1 tabel pembelian_NIM dalam database data_NIM (field bebas, untuk menyimpan data transaksi pembelian)
  8. Tambahkan 1 form dalam project PBO2 beri nama input_pembelian_NIM simpan dengan nama input_pembelian_NIM digunakan untuk input data pembelian dengan ketentuan pembelian hanya dapat dilakukan dari supplier yang sudah tersimpan dalam database dan barang yang dapat dibeli harus sudah tersimpan dalam database.  Setiap input pembelian, stok barang akan bertambah.  Lengkapi dengan validasi input data, antara lain isian berupa angka hanya boleh diinputkan angka, semua isian harus diisi.
  9. Tambahkan 1 tabel penjualan_NIM dalam database data_NIM (field bebas, untuk menyimpan data transaksi pembelian)
  10. Tambahkan 1 form dalam project PBO2 beri nama input_penjualan_NIM simpan dengan nama input_penjualan_NIM digunakan untuk input data penjualan dengan ketentuan penjualan hanya dapat dilakukan pada barang yang  sudah tersimpan dalam database dan stoknya cukup.  Setiap input penjualan, stok barang akan berkurang.  Lengkapi dengan validasi input data, antara lain isian berupa angka hanya boleh diinputkan angka, semua isian harus diisi.
  11. Tambahkan 1 data report beri nama Laporan_data_Stok_Barang_NIM simpan dengan nama laporan_stok_barang_NIM untuk melaporkan data barang beserta stoknya
  12. Tambahkan 1 form, beri nama menu_utama_NIM simpan dengan nama menu_utama_NIM digunakan untuk menampilkan menu utama yang terdiri dari menu INPUT DATA dengan sub menu INPIUT DATA BARANG untuk memanggil form input_barang_NIM dan INPUT DATA SUPPLIER untuk memnaggil form input_supplier_nim,  menu TRANSAKSI dengan sub menu TRANSAKSI PEMBELIAN untuk memanggil form input_pembelian_NIM dan TRANSAKSI PENJUALAN untuk memanggil form input_penjualan_NIM, menu LAPORAN dengan sub menu LAPORAN STOK BARANG  untuk memanggil form laporan_data_stok_barang_NIM dan menu KELUAR untuk keluar dari program.
  13. Atur agar pada saat project PBO2 dijalankan maka yang muncul pertama kali adalah form menu_utama_NIM.
  14. Buat file distribusi programnya!

Catatan : setiap ada tulisan NIM diganti dengan Nomor Induk Mahasiswa (NM) Saudara.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: